cover
Contact Name
Basiron
Contact Email
-
Phone
+6285800057724
Journal Mail Official
jadimas765@gmail.com
Editorial Address
Kantor Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : -     EISSN : 26139103     DOI : https://dx.doi.org/10.29100/j-adimas
J-Adimas; Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan karya ilmiah seputar Pengabdian Kepada Masyarakat. J-Adimas mendukung analisis kegiatan yang berkaitan dengan hilirisasi dari hasil penelitian menjadi segala sesuatu yang berdayaguna secara langsung kepada masyarakat sesuai kaidah pengabdian kepada masyarakat. J-Adimas ini membatasi pengabdian masyarakat yang berada dalam ruang lingkup bidang: Pembangunan manusia dibidang pendidikan dan Sosio-Humaniora, Pengentasan kemiskinan, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1 (2019): In Press" : 10 Documents clear
Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SDN Kendalbulur I Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Asriyanti, Frita Devi
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1151

Abstract

ABSTRAK               Pelatihan untuk persiapan proposal penelitian tindakan kelas diadakan pada 16-17 September 2018, di SD Negeri Kendalbulur I, Kabupaten Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Peserta pelatihan adalah 17 orang yang merupakan guru di SDN Kendalbulur I. Pelatihan ini diadakan selama dua hari. Pelatihan ini juga melibatkan dua guru dari Sekolah Dasar Kendalbulur I yang melayani sebagai pembawa acara dan pembaca doa. Materi yang disampaikan adalah konsep dasar CAR dalam 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam mempresentasikan materi, presenter memberikan contoh masalah yang dapat diangkat dalam penelitian tindakan kelas. Materi ini disajikan oleh presenter melalui slide power point. Sesi berikutnya, peserta pelatihan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami dan bertukar pengalaman terkait hambatan yang telah dialami dalam perumusan bagian awal proposal penelitian tindakan kelas. Ada 2 peserta yang mengajukan pertanyaan di sesi kedua ini. Salah satu peserta berbagi pengalaman terkait dengan kesulitan dalam menentukan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah melalui metode inovatif, ditambah kepercayaan diri yang melekat dari peserta dalam menyiapkan proposal. Penanya kedua bertanya tentang ruang lingkup pemilihan judul penelitian. Presenter segera menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Dalam hal ini partisipasi peserta yang cukup baik, dengan berbagai pertanyaan dan kejujuran peserta, menyampaikan persepsi mereka sejauh ini tentang menulis proposal penelitian tindakan kelas, kesulitan yang dialami dan penyebab kurangnya kepercayaan diri mereka dalam mencoba menulis proposal penelitian . Dari pertanyaan dan jawaban tampak bahwa kelemahan para guru adalah bahwa mereka tidak pernah menulis begitu lama sehingga mereka sedikit lupa. Selain itu, tidak adanya pengawas membuat para guru tidak berani mencoba karena mereka tidak yakin akan kebenaran proposal yang dibuat. Setelah sesi tanya jawab, peserta dan presenter beristirahat untuk menikmati makanan ringan selama 15 menit. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Layanan, SDN Kendalbulur 1
Sekolah Alam Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Rekreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Desa Samberan Kanor Bojonegoro Purnama, Yuniarta Ita; Prastiwi, Chyntia Heru Woro; Ningrum, Ifa Khoiria
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1155

Abstract

ABSTRAKArtikel ini memaparkan hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang dilaksanakan di Yayasan Semesta Kecil pada Program Taman Bacaan Masyarakat bidang pendidikan Bahasa Inggris, tepatnya di Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Pengelolaan program Bahasa Inggris yang belum baik; belum mempunyai kurikulum tersendiri; kesulitan dalam menarik minat belajar siswa; dan rendahnya minat baca menjadi masalah dalam program pengajaran  Bahasa Inggris, hal ini mengindikasikan perlunya penerapan suatu metode pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan rekreatif. Artikel ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan Sekolah Alam pada anak-anak Desa Samberan. Sekolah alam dilaksanakan dengan memanfaat kan alam sebagai media pembelajaran, sumber belajar dan inspirasi dalalm membangkitkan semangat belajar. Wawancara dan test digunakan sebagai tekhnik pengumpulan data. Hasil dari PKMS ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Bahasa Inggris melalui Sekolah Alam mempunyai dampak positif terhadap pengetahuan; meningkatkan keterampilan berfikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill); serta meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Hal ini diketahui dari rata-rata perolehan nilai post-test peserta (79,70) lebih baik jika dibandingkan dengan nilai pre-test (59,81). Kata Kunci: Metode Aktif Kreatif Inovatif dan Rekreatif, Sekolah Alam, Taman Bacaan Masyarakat
Peningkatan Keterampilan Guru SDLB Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Manipulatif Hasyim, Maylita; Umam, Ahmad Khoirul; Zainab, Siti; Wukandari, Desty
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1157

Abstract

ABSTRAKKedudukan media pembelajaran manipulatif atau yang disebut alat peraga merupakan bagian dari sarana yang wajib dimiliki oleh setiap satuan pendidikan. Sedangkan kedudukan alat peraga terkait dengan komponen metode mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses interaksi guru dengan peserta didik (atau siswa) di lingkungan belajarnya. Hal ini dikarenakan obyek dalam pembelajaran matematika yang berupa fakta, konsep, prinsip dan skill/keterampilan merupakan benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indera. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dalam mempelajari suatu obyek dalam pembelajaran matematika diperlukan pengalaman melalui benda-benda nyata (konkrit) yaitu alat peraga. Dalam usulan program pengabdian ini, alat peraga yang dikembangkan berbasis edutainment (pendidikan yang terintegrasi dalam hiburan) yaitu berupa permainan (games). Konsep ini digunakan dengan tujuan memudahkan anak untuk memahami konsep matematika dengan cara menyenangkan, terutama bagi anak berkebutuhan khusus. Keterampilan guru dalam membuat dan mendemonstrasikan (mengenalkan) alat peraga kepada siswa berkebutuhan khusus menjadi kunci utama keberhasilan siswa dalam memahami konsep matematika menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, pelakanaan program pengabdian ini memfokuskan pada memberikan keterampilan pada guru SDLB dalam membuat hingga mendemonstrasikan alat peraga kepada siswanya, sehingga siswa SDLB mampu mengenal media pembelajaran manilpulatif matematika dengan baik. Dalam program pengabdian ini, media pembelajaran yang dibuat dalam pelatihan adalah media tower angka, dimana media ini dapat digunakan untuk anak tuna grahita dan tuna rungu. Pelatihan ini terdiri dari tiga sesi materi, yaitu materi pembuatan media pembelajaran matematika, materi penggunaan/ pengoperasian media pembelajaran matematika dan materi pendemonstrasian dalam pembelajaran.                                                                                                                 Kata Kunci: media pembelajaran matematika, manipulatif, anak berkebutuhan khusus, keterampilan, guru
Pendampingan Peningkatan Pemasaran dan Promosi Melalui E-Commerce Pada Adpers – Art Community Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Depok Kuspriyono, Taat; Akil, Ibnu; Oktiani, Nurvi
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1154

Abstract

ABSTRAKAdpers- Art merupakan komunitas yang terbentuk atas kesamaan hobi dan menuangkan karya seni kedalam media nyata, dimana khususnya menuangkan karya tersebut kedalam bentuk visual ke media kertas dan beberapa media lainnya yang berbentuk 3 (tiga) dimensi, komunitas yang beralamatkan di kelurahan sukatani kecamatan Tapos Kota Depok ini memiliki visi dan misi diantaranya menjadi sebuah usaha yang pertama di Indonesia dengan mengedepankan teknologi berbasis kreatifitas sehingga dapat menginspirasi banyak orang, proses produksi dilakukan dengan cara perancangan Design (Pola), pengolahan  yang disederhanakan dengan menggunakan aplikasi atau software grafis/olah digital, pencetakan dengan menggunakan kertas bekas ataupun karton khusus, packing dan pemasaran. Pada prakteknya Aktivitas ataupun kegitan usaha yang dilakukan oleh Adpers – Art masih mengalami kendala diantaranya kegiatan Pemasaran dan Promosi yang belum maksimal dilakukan karena masih mengandalkan media melalui situs : https://adpers-art.blogspot.com, dimana dapat dikatakan masih belum efektif dan efisien dengan ditandai indikator bahwa masih banyaknya konsumen yang belum mengetahui keberadaan dari Adpers – Art ini, pada akhirnya dengan permasalahan diatas maka diperlukannya suatu solusi permasalahan bagi  Adpers – Art Community  agar kedepannya lebih dapat memaksimalkan pemasaran dan promosi, kegiatan Program Kemitraan pada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pendampingan  melalui pembuatan e-commerce yang mana, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan ataupun pendampingan kepada Adpers – Art Community dalam upaya peningkatan pemasaran dan promosi produk-produk Adpers – Art Community agar lebih dikenal oleh masyarakat Kata Kunci : Adpers – Art Community,  Pemasaran dan Promosi, E- Commerce
PKM Kelompok Industri Kreatif “Pengrajin Limbah Kayu” Untuk Memperkuat Ekonomi Lokal di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo Wardana, Ludfi Arya; Misdiyanto, Misdiyanto
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1161

Abstract

ABSTRAK                    Tujuan program PKM ditujukan kepada masyarakat produktif (UKM) di wilayah Kota Probolinggo Kecamatan Mayangan. UKM dimaksud yaitu bergerak dalam pengolahan limbah kayu milik Bapak Eko Nur Widyanto beralamat Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Permasalahan yang ada yaitu, lamanya proses pendesain, pemotong dan penghalusan kayu yang dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Belum optimalnya jaringan pemasaran yang dilakukan manual hanya perangkat hp dengan aplikasi facebook. Solusi kongkrit yang dilakukan pengusul untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan membuat dan mendesain mesin pemotong kayu lasser, pembuatan website pemasaran dan pelatihan penggunaan website. Luaran dari program ini berupa mesin pemotong kayu lasser, website pemasaran, pelatihan penggunaan website pemasaran. Kata Kunci: limbah kayu, mesin pemotong kayu lasser, website pemasaran
Peningkatan Kompetensi Manajerial Kepala Paud Melalui Workshop Manajemen Lestariningrum, Anik; Nugroho, Isfauzi Hadi; Ridwan, Ridwan; Kurniawati, Epritha; Wulansari, Widi
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1153

Abstract

ABSTRAKTugas utama sebagai kepala PAUD selain harus menjalankan fungsinya sebagai seorang pemimpin juga harus menghadapi permasalahan terkait manajerial dalam pengelolaan lembaga PAUD agar dapat berjalan dengan lancar. Dalam menunjang tugasnya tersebut juga diperlukan adanya kompetensi manajerial yang dikembangkan melalui kegiatan pelatihan, workshop dan diklat sehingga pengetahuan yang diperolehnya dapat terus dikembangkan. Permasalahan inilah yang diangkat untuk terselenggaranya kegiatan workshop peningkatan kompetensi manajerial kepala PAUD melalui kegiatan workshop manajemen selama 2 hari menggunakan model tatap muka,  penugasan dan juga praktek langsung membuat program kerja kepala sekolah. Hasil kegiatan dianalisa menggunakan teknik penghitungan prosentasi tugas yang dikumpulkan peserta dari jumlah peserta yang hadir sehingga, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan workshop ini kompetensi kepala PAUD meningkat serta pemahaman pengetahuan pembuatan program kerja dengan praktek langsung dapat digunakan di lembaga masing-masing.Kata Kunci : kompetensi manajerial, kepala PAUD, workshop manajemen
PKM Mesin Power Thresher : Solusi Ketahanan Pangan Bagi Petani di Kabupaten Probolinggo Nuriyanti, Rofikha; Supraptiningsih, Linda Kurnia
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1160

Abstract

ABSTRAKProgram PKM di tujukan kepada Kelompok Tani Delima yang ada di Desa Brani Wetan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Daerah tersebut merupakan daerah penghasil padi yang besar dan sebagian besar penduduknya adalah petani. Alat perontok padi sangat berperan besar terhadap proses hasil panen. Jumlah yang masih terbatas dan permintaan dari petani yang sangat besar menyulitkan petani untuk bisa panen setiap saat. Ada beberapa permasalahan yang ada yaitu: menyangkut hasil panen padi yang masih menggunakan alat perontok non mekanis yang masih bersifat tradisional dan manual. Solusi yang disepakati bersama mitra dari persoalan prioritas yaitu: mendesain dan membuat mesin power thresher, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani delima khususnya tentang teknologi tepat guna power thresher dengan memberikan pelatihan tentang pengoperasian dan perawatan mesin power thresher kepada kelompok tani delima,memberikan pengetahuan  dan wawasan mengoptimalkan hasil panen petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan daerah. Kata Kunci: power thresher, ketahanan pangan, petani
Pelatihan Penggunaan KIT Listrik Bagi Guru IPA SMP Sunan Ampel Kecamatan Karangrejo Laili, Alik Mustafidal
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1150

Abstract

AbstrakSains atau Ilmu pengetahuan Alam berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Sains bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi di SMP Sunan Ampel, masih banyak guru-guru Sains yang belum mengiringi kegiatan belajar Sains dengan kegiatan praktikum. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan guru IPA SMP Sunan Ampel dalam merakit rangkaian dengan menggunakan kit listrik untuk menunjang pembelajaran IPA. Adapun target dan sasaran dari kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Guru IPA SMP/MTs mampu merancang pembelajaran Sains yang diiringi dengan kegiatan praktikum, khususnya dengan menggunakan KIT listrik, (2) Guru IPA SMP/MTs mampu menggunakan KIT listrik yang telah tersedia di sekolah, (3) Guru IPA SMP/MTs mampu melakukan evaluasi/penilaian dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa dari kegiatan praktikum. Metode pelaksanaan pada kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan pelatihan ini didahului dengan pembagian materi, (2) Nara sumber mengenalkan komponen-komponen yang terdapat pada kit listrik, cara menggunakan serta fungsinya, (3) Peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi antar anggota kelompok, (4) Nara sumber memberikan pelatihan merakit rangkaian listrik, (5) peserta pelatihan diberikan kebebasan untuk merancang sebuah praktikum dengan topik listrik, (6) pendamping memfasilitasi diskusi dan kegiatan selama pelatihan untuk memperlancar jalannya pelatihan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan setelah kegiatan, bahwa peserta merasa perlu untuk dilakukan kegiatan serupa terutama untuk eksperimen terkait kit Fisika lainnya. Kata kunci : Pembelajaran Sains, KIT listrik
Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas (Classroom Language) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Nugrahini, Yulia; Gufron, Moh
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1152

Abstract

ABSTRAK       Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan menambah pengetahuan dan  keterampilan guru Bahasa Inggris kepada guru tingakat Sekolah Dasar pada Kecamatan Gondang pada khususnya. Classroom Language ini berupa kata perintah yang bisa di gunakan guru Bahasa Inggris di dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa dengan sederhana sehingga siswa bisa mengerti maksud perintah itu dan menambah kosa kata pada siswa. Pelatihan ini dilakukan dengan metode cerah dan diskusi saat penyampaian materi. Setelah penyampaian materi para guru membuat Rencana Pembelajaran dan praktek untuk peer teaching dengan rekan guru. Hasil yang di harapakan adalah Rencana Pembelajaran yang sudah di buat dapat di gunakan untuk seluruh Guru Bahasa Inggris di Kecamatan Gondang pada khususnya. Kata Kunci: Penggunaan Bahasa Inggris, Classroom Language, Pembelajaran
PKM Keripik Pare dan Stik Lidah Buaya di Desa Wisata Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya Novaria, Rachmawati; Rohimah, Afifatur; Norhabiba, Fitri; Sujianto, Agus Eko
J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol 7, No 1 (2019): In Press
Publisher : (STKIP) PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/j-adimas.v7i1.1156

Abstract

ABSTRAKPerkembangan desa wisata menjadi salah satu program pemerintah untuk bisa menjadi salah satu sendi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di desa wisata Kampung Lawas Maspati terdapat Usaha Kecil Menengah (UKM) keripik pare dan stik lidah buaya yang menyediakan makanan ringan bagi pengunjungnya. Permasalahannya adalah masih minimnya peralatan, kurangnya soft skill dan hard skill dalam mengembangkan produk dan kemasan. UKM ini mengalami hambatan produksi karena kurangnya peralatan, mereka awalnya hanya menggunakan peralatan sederhana dan seadanya, lalu kemampuan skill pegawai juga sangat terbatas di bidang produksi, sehingga tidak bisa mengembangkan pasar secara profesional serta kemasannya  masih sederhana. Solusi yang diberikan pada UKM ini antara lain: ketersediaan tambahan peralatan produksi dari segi kualitas dan kuantitas, dan pengembangan kemasan yang lebih menarik. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan kegiatan pendampingan, UKM keripik pare dan stik lidah buaya mampu menguasai pasar yang lebih luas dengan produk yang bervariasi serta menjadi produk unggulan serta iconic oleh-oleh khas dari desa wisata Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya, dan UKM ini diharapkan akan selalu mengembangkan produk keripik pare dan stik lidah buaya sebagai produk unggulan yang memiliki banyak manfaat secara kesehatan, mampu meningkatkan pengetahuan tentang produksi berbasis alat, serta mengembangkan varian produknya. Kata-kata Kunci: Keripik Pare, Stik Lidah Buaya, Produk Unggulan, UKM

Page 1 of 1 | Total Record : 10